Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Berpuasa - Matius 6:16-18


 

Shalom!
Renungan Pagi Ini!
Matius 6:16-18
Belajar Berpuasa

Lagi-lagi kita diingatkan mengenai kehidupan orang yang beragama. Tidak ada yang salah dengan "agama", yang salah hanyalah mereka yang menyalahgunakan keagamaannya. Pada bagian ini kita akan belajar mengenai puasa. Sepengetahuan saya, hampir semua agama menjalankan puasa, termasuk di dalam Kekristenan. Tetapi ada orang-orang yang berpuasa dengan menunjukkan bahwa dirinya sedang puasa. Mereka ingin terlihat rohani di depan orang lain, padahal sama sekali tidak.

Matius 6:16 (TB)  "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Tuhan Yesus melarang para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama saat menjalankan keagaaman mereka. Motivasi yang  dimiliki saat berpuasa itu harus benar dan tepat.

Dalam perikop ini, Tuhan Yesus bukan hanya melarang para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama. DIA juga memberikan contoh berpuasa yang benar yakni:

Matius 6:17-18 (TB)  Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Tunjukanlah sikap yang benar saat kita berpuasa, bukan untuk terlihat rohani di depan orang lain, bukan untuk terlihat bahwa dirinya paling hebat melakukan nilai-nilai keagamaan. Tetapi lakukanlah dengan sikap hati yang benar saat kita sedang berpuasa.

Dari pembahasan garis besar pertama tentang prilaku orang munafik, kita dapat menyimpulkan bahwa orang-orang yang munafik adalah mereka yang melakukan nilai-nilai keagamaannya karena untuk dilihat oleh banyak orang, bukan untuk membuktikan bahwa dirinya mengasihi Tuhan.

Izinkan saya mengingatkan kita semua bahwa perbuatan yang kita lakukan harus didasarkan kecintaan kita kepada Tuhan, bukan untuk dilihat orang bahwa kitalah yang paling cinta Tuhan. (RA)

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati 🙏

Posting Komentar untuk "Belajar Berpuasa - Matius 6:16-18"