Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Bagianku - 2 Timotius 4:2

 


Syalom.

Renungan hari ini: "Ini Bagianku"

2 Timotius 4:2

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

 

Setiap orang pasti memiliki tugas atau bagian masing-masih dalam hidupnya. Seperti halnya seorang murid yang memiliki tugas untuk mengerjakan seluruh pekerjaan sekolahnya dan belajar. Bahkan seperti halnya seorang pekerja kantoran yang memiliki tugas untuk mengerjakan seluruh pekerjaan kantor yang diberikan kepadanya. Namun apakah yang menjadi bagian dari setiap orang Kristen?

1.    Memberitakan firman

Dalam 2 Timotius 4:2, kita bisa belajar bahwa tugas seorang Kristen ialah memberitakan firman setiap saat, baik itu pada waktu yang memungkinkan atau bahkan dalam keadaan yang tidak memungkinkan sekalipun. Dalam memberitakan firman, tidak selalu harus berbicara mengenai berkhotbah atau menerangkan ayat firman Tuhan. Namun memberitakan firman juga dapat dilakukan melalui kata-kata yang memberkati, melalui perkataan yang menceritakan kebaikan Tuhan dalam hidupnya bahkan dalam sikap hidupnya yang mencerminkan karakter Kristus juga dapat menjadi kesaksian bagi orang lain. Sehingga mungkin tanpa kata-kata pun orang lain dapat merasakan kebaikan Tuhan dan merasakan Injil kasih karunia.

Dalam pemberitakan firman, seorang Kristen juga haruslah siap sedia. Tidak hanya ketika ia berada di lingkungan Kristen atau gedung gereja, tetapi juga ketika ia berada di tengah-tengah masyarakatpun juga harus siap untuk memberitakan firman. Bahkan sebagai seorang hamba Tuhan, seolah-olah tidak ada kata tidak siap untuk memberitakan firman kepada semua orang.

2.    Menyatakan apa yang salah

Selain berani memberitakan firman dalam segala kondisi, seorang Kristen juga harus berani untuk menyatakan apa yang salah. Menyatakan apa yang salah tidak berarti bahwa ia menghakimi kesalahan orang lain. Tetapi ia mampu untuk memberikan nasehat dan ajaran yang sesuai dengan firman Tuhan. Dalam menyatakan kesalahan, diperlukan kelemah lembutan dan kesabaran. Hal ini perlu agar orang yang berbuat salah tersebut tidak terlarut-larut dalam kesalahannya dan menyadari bahwa tindakannya tersebut salah.

 

Sebagaimana dalam 2 Timotius 4:2, orang percaya memiliki bagian untuk memberitakan firman dan menyatakan apa yang salah. Seperti halnya Kristus telah melakukan bagiannya yakni mati di kayu salib, demikian juga orang percaya juga melakukan bagiannya untuk memberitkan Injil kematian dan kebangkitan-Nya. (JkP)

 

Selamat beraktifitas,
Tuhan Yesus memberkati
GBU 

Baca juga: Perjanian Allah dan Umat-Nya - Keluaran 24:1-18

Posting Komentar untuk "Ini Bagianku - 2 Timotius 4:2"