Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluar Dari Zona Nyaman - Matius 7:12-14


 

Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Keluar Dari Zona Nyaman
Matius 7:12-14

Zona yang paling berbahaya adalah zona nyaman. Tuhan Yesus mengajarkan para murid-Nya untuk hidup dijalan yang benar. Jalan yang benar adalah keluar dari zona nyaman. Jangan sampai kita terjebak dalam zona nyaman tersebut.

Matius 7:12-14 (TB)  "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;
karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Dari ayat diatas, Saya mencatat dua point penting yang harus kita perhatikan untuk keluar dari zona nyaman tersebut.

Pertama, Perbuatan apa yang ingin orang lain lakukan, lakukan jugalah perbuatan itu kepada orang lain.  

"Kalau kita mau mendapatkan apa yang kita belum pernah dapatkan, lakukanlah apa yang belum pernah kita lakukan"
Ayat ini sangat jelas, bahwa jika kita ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, harusnya kita terlebih dahulu melakukan itu kepada orang lain. Apa yang kita tabur, itu yang akan kita tuai. Standar kehidupan Kekristenan yang tidak ada dalam zona nyaman yakni jangan berpikir apa yang orang lain akan lakukan buat hidup saya, tetapi berpikirlah apa yang kita bisa lakukan kepada orang lain. Kalau kita baca konteks sebelumnya, kita mendapatkan bahwa ada perintah untuk tidak menghakimi orang lain, jika kita tidak mau dihakimi, janganlah menghakimi orang lain. Sebagai orang Kristen, kita hidup bukan hanya sekedar mengetahui dan mempercayai, tetapi melakukan seperti apa anda ingin diperlakukan.

Kedua, Masuk melalui jalan yang sempit.

Orang yang hidupnya dalam zona nyaman, akan mengambil jalan yang lebar. Tidak ada orang yang mau mengambil jalan yang sempit jika dirinya terjebak dalam zona nyaman. Memang dalam Kekristenan, pengampunan dan keselamatan adalah anugerah dari Tuhan yang tidak bisa beli atau gapai oleh apapun, tetapi menjalani hidup sebagai orang yang menerima anugerah butuh perjuangan komitmen hidup benar dihadapan Tuhan, sebab itu bukti dari anugerah yang telah kita terima. Dunia menawarkan kenikmatan dan kenyamanan tetapi justru itu menjebak kita untuk hidup dalam kebinasaan. Berbahagialah kita yang hidup tidak nikmat dan tidak nyaman jika di dalam Kristus, sebab kita sedang ada di dalam pintu dan jalan yang sempit.

Oleh sebab itu keluarlah dari zona nyaman, bersikaplah sebagai orang yang telah memperoleh anugerah yang dari Allah dengan bukti bahwa kita berbuat baik kepada orang lain dan tidak berada dalam kenikmatan dunia. (RA)

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati 🙏

Posting Komentar untuk "Keluar Dari Zona Nyaman - Matius 7:12-14"