Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menang Mengahadapi Pencobaan - Matius 4:1-11


 

 Shalom! 

Renungan Pagi Ini :

Matius 4:1-11

Menang mengahadapi Pencobaan


Saudara yang dikasihi Tuhan, renungan hari ini saya beri judul "Menang Menghadapi Pencobaan". Setiap orang pada dasarnya ingin meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan. Tetapi untuk mencapai kemenangan tersebut perlu strategi yang baik. Begitu juga dalam iman Kekristenan kita, untuk menang mengahadapi pencobaan perlu ada strategi yang harus kita pegang. 

Nah... Sepertiapakah strategi untuk menang dalam menghadapi pencobaan? 


1. Mengetahui firman Tuhan. 

Pada dasarnya semua manusia mengalami pencobaan. Manusia pertama Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa karena tidak bertahan dalam pencobaan. Manusia pertama "gagal" menghadapi pencobaan tersebut sehingga jatuh ke dalam dosa. Tetapi Yesus datang, supaya manusia yang sudah jatuh ke dalam dosa, tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Dalam Ke-Manusiaan Yesus, DIA dicobai dan Menang mengahadapi pencobaan tersebut. 


Matius 4:4, 7, 10 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 

Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" 

Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" 


Dalam menghadapi pencobaan, Yesus mengetahui dengan pasti dan memegang teguh firman Tuhan. Sehingga DIA menjawab sesuai firman Tuhan. 


Dalam kehidupan kita, untuk menang dalam menghadapi pencobaan kita juga harus berpegang teguh firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab, supaya kita mampu melewati setiap pencobaan yang ada. 


2. Menghidupi firman Tuhan. 

Poin pertama sudah kita ketahui untuk menang menghadapi pencobaan kita harus mengetahui firman Tuhan. Tetapi tidak cukup hanya mengetahui saja, melainkan menghidupi firman Tuhan itu. Manusia pertama, mengetahui perintah tetapi tidak menghidupinya. Bahkan iblis pun mencobai Yesus dengan firman Tuhan.


Matius 4:3, 6, 8-9 (TB)  Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."

lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."  

Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." 


Iblis tahu firman tetapi tidak menghidupi firman tersebut. Menggunakan firman Tuhan dengan tidak sesuai konteks dan hanya untuk menjatuhkan. Saudara, kita harus cek kehidupan kita, apakah kita mengetahui firman Tuhan, untuk menjatuhkan orang lain atau untuk membangun kehidupan orang lain? Dan apakah kita sendiri sudah menghidupi firman tersebut? 

Menghidupi artinya: dapat memberi hidup bagi kita ataupun orang disekitar kita. 


Jadi kedua hal ini yang harus kita pegang untuk menang menghadapi pencobaan, yakni mengetahui firman Tuhan dan menghidupi firman Tuhan. 


Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus memberkati. (RA)

Posting Komentar untuk "Menang Mengahadapi Pencobaan - Matius 4:1-11"