Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengikuti Kehendak-Nya - Matius 3:13-17


 

 Shalom! 

Renungan Pagi Ini. 

Matius 3:13-17

"Mengikuti Kehendak-Nya"


Saya memiliki seorang teman yang sedang jatuh cinta, waktu pasangannya meminta sesuatu, temen saya selalu dikasih dan berikan yang terbaik untuk pasangannya. Kalau istilah sekarang yakni sedang "BUCIN". Tentu sangat sulit jika kita melakukan sesuatu tanpa dasar cinta. 


Hari ini judul renungan yang saya buat yakni " Mengikuti Kehendak-Nya" (Kehendak Tuhan). Tentu sangat sulit bagi seseorang untuk melakukan kehendaknya tanpa mencintainya. Begitu juga dengan Tuhan, kita akan sulit mengikuti Kehendak-Nya kalau tidak memiliki dasar cinta. 


"Dasar Untuk Mengetahui Kehendak Tuhan Dapat Dilihat Melalui Firman-Nya"

Sebab Firman-Nya tidak akan kembali sia-sia dan pasti terjadi. 


Dalam Matius 3:13, Yesus meminta untuk dibaptis oleh Yohanes. Sedangkan yang kita ketahui bahwa baptisan Yohanes adalah baptisan pertobatan (Mat. 3:11). Jadi, apakah Yesus memerlukan pertobatan? Apakah Yesus berdosa? Tidak, Yesus tidak berdosa dan tidak memerlukan pertobatan akibat dosa. Justru Yesus menjadi teladan bagi manusia yang seharusnya membutuhkan pertobatan, memberi contoh bagaimana manusia harus merendahkan diri seperti Kristus. 

Lukas 14:11 (TB)  Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."


Setelah itu, firman Tuhan memberi gambaran bagi mereka yang sudah bertobat untuk hidup dipimpin oleh Roh Kudus. 

Matius 3:16 (TB)  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

Ayat tersebut adalah analogi seorang yang telah bertobat untuk terus hidup dipimpin oleh Roh Kudus. 


Oleh sebab itu, untuk kita mengetahui bagaimana seseorang sungguh-sungguh mengalami pertobatan, yakni dengan melihat cara hidupnya yang sudah dipimpin oleh Roh Kudus. 


Jadi, orang yang hidup mengikuti kehendak-Nya yakni:

1. Merendahkan diri "meneladani Kristus"

2. Hidup dipimpin oleh Roh Kudus


Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati. (RA)

Baca Juga: Kalau Tuhan Itu Esa, Bagaimana Dengan Allah Tritunggal?

Posting Komentar untuk "Mengikuti Kehendak-Nya - Matius 3:13-17"