Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meresponi Kabar Baik Dengan Baik - Matius 3:1-12


 

 Shalom ! 

Renungan Pagi Ini :

Meresponi Kabar Baik Dengan Baik

Matius 3:1-12


Waktu saya pergi ke suatu daerah, ada yang mengajak saya untuk makan disebuah tempat "ayo makan disini, karena makanannya enak". Dan saya pun pergi bersamanya. Ketika saya makan di tempat itu, saya senang karena memang makanannya enak. Waktu saya pulang kerumah, saya menceritakan makan yang ada di tempat tersebut, bahkan saya mau mengajak orang lain yang pergi ketempat itu untuk coba makanan tersebut, supaya orang lain pun merasakan hal yang sama seperti saya. 

Terlebih lagi ketika kita mendengarkan Injil, kabar sukacita. Bagaiamana respon kita ketika mendengar Injil "Kabar Baik". Untuk itu, mari sama-sama kita belajar meresponi kabar baik dengan baik.

1. Bertobat 

Yohanes Pembaptis berseru-seru dan mengajak orang-orang untuk bertobat. Dan ketika orang banyak mendengar kabar itu, mereka bertobat dengan tanda 

"mengaku dosa dan memberi diri dibaptis"


Matius 3:5 (TB)  Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan.

Matius 3:6 (TB) 

Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan. 


Ini merupakan respon yang baik ketika mendengar kabar baik, yakni dengan bertobat "berbalik kepada Allah".

Maukah kita bertobat ketika kita mendengarkan kabar baik? 

Mari mengaku dosa kita dihadapan Tuhan dan berbalik kepada Tuhan. 


2. Bertumbuh

Matius 3:11 mencatat bahwa tidak berhenti sampai pada pertobatan tetapi harus ada pertumbuhan. Seperti halnya yang rasul Paulus katakan bahwa:

Efesus 4:28 (TB)  Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

- berbalik dari jalan yang salah. 

- berusaha dengan sungguh-sungguh. 

- berdampak bagi orang lain. 


Oleh sebab itu, kita diingatkan ketika kita mendengarkan kabar baik, bagaimana harusnya respon kita? Yakni bertobat dan bertumbuh, sebab tidak ada pertumbuhan yang dihasilkan diluar pertobatan. Dan sebaliknya tidak ada pertobatan yang tidak menghasilkan pertumbuhan.(RA

Posting Komentar untuk "Meresponi Kabar Baik Dengan Baik - Matius 3:1-12"