Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misi Allah Bagi Dunia - Matius 4:12-17


 

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :.
Matius 4:12-17
Misi Allah Bagi Dunia.

Matius 3:2 (TB)  "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"  

Berita tentang Kerjaan Sorga pertama kali disampaikan oleh Yohanes Pembaptis. Pernyataan ini dicatat dalam Injil (kecuali Injil Yohanes). Pada masa itu, Yohanes Pembaptis menarik perhatian banyak orang, mulai dari pakaiannya (Mat. 3:4a),  jenis makanan yang disantapnya (Mat. 3:4b),  pemberitaannya tentang Kerajaan Sorga dan tegurannya terhadap orang Farisi dan Saduki dengan menyebut mereka keturunan ular beludak. Ajaran Yohanes tentang Kerajaan Surga merupakan berita baru. Pada waktu itu kehidupan agama masyarakat Yahudi menekankan segi lahiriah saja, yaitu hanya mengandalkan status lahiriah keturunan Abraham (Mat. 3: 8-9). Oleh sebab itu, Yohanes mengingatkan mereka bahwa penghakiman Tuhan akan berlaku bagi semua orang yang tidak bertobat tanpa terkecuali!
Namun di Pasal 4 ini, Yohanes Pembaptis justru malah ditangkap oleh Raja Herodes (Mat. 14:3). Ketika Yesus mendengar hal tersebut, Yesus menyingkir ke Galilea.

Mengapa Yesus memulai pelayanan pertamanya di Galilea padahal
Galilea merupakan tempat orang-orang Yahudi yang sudah kawin campur / nikah dengan non-Yahudi?
1. Menggenapi firman Tuhan.
Matius 4:14-16 (TB)  supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
"Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, --
bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang."

Nubuat ini menunjuk pada Yesus sebagai Terang bagi bangsa yang diam di daerah seberang sungai Yordan. Jadi, keberadaan Yesus di Kapernaum bukan karena Ia takut ditangkap oleh Herodes melainkan Yesus justru melanjutkan pemberitaan surgawi yang pernah dilakukan Yohanes, "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!" Tuhan memakai peristiwa pemenjaraan Yohanes sehingga pemberitaan tentang Kerajaan Surga pun tersiar bagi daerah Galilea. Yohanes berani menyatakan apa yang benar meskipun ia kehilangan nyawanya (Mat. 14:10-11).
2. Yesus datang untuk semua orang.
Meskipun orang-orang di Galilea sudah kawin campur tapi Yesus tidak membedakan orang, sebab DIA datang bukan hanya untuk orang Yahudi tetapi untuk semua orang.
3. Tempat yang suram jadi gemirang.
Yesus datang mengubah situasi, hal ini dapat dilihat dari ayat:
Matius 4:16 (TB)  bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang."
Dari ayat tersebut merubah cara pandang kita buka  tempat yang dapat merubah keadaan  tetapi sosok atau figur tersebut yang bisa mengubah keadaan. Jadi dimanapun kita berada, meskipun tempatnya suram bisa jadi gemirang kalau kita menjadi figur yang baik.

Dan pada saat itulah Yesus memulai pelayanannya, memberitakan pertobatan bagi semua orang.
Matius 4:17 (TB)  Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Posting Komentar untuk "Misi Allah Bagi Dunia - Matius 4:12-17"