Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Murid Yang Berbahagia - Matius 5:1-12


 

 Shalom  !
Renungan Pagi Ini :
Matius 5:1-12
Murid Yang Berbahagia

Di pasal sebelumnya kita melihat bahwa banyak orang berbondong-bondong mengikuti-Nya.
Matius 4:25 (TB)  Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.

Ayat 1, ketika Yesus melihat orang banyak itu, DIA naik ke atas bukit, lalu datanglah Murid-murid-Nya kepada-Nya. Siapa Murid Yesus pada bagian ini? Memang tidak ditulis secara jelas siapa saja yang mengikuti Yesus selain 4 orang murid yang pertama. Tapi kemungkinan dalam Markus 3 menjelaskan bahwa murid-murid disitu merujuk kepada Murid di Matius 5.
Markus 3:1, 13-14 (TB)  Kemudian Yesus masuk lagi ke rumah ibadat. Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya.
Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya.
Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil.
Markus 3:16-19 (TB)  Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus,
Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh,
selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot,
dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

Selanjutnya, ajaran apa yang diajarkan oleh Yesus kepada para murid-Nya, yakni tentang ucapan bahagia. Oleh sebab itu saya memberikan judul "Murid Yang Berbahagia".
Kebahagiaan utama yang sudah mereka terima yakni pada saat Yesus memanggil mereka untuk dijadikan murid. Sebuah anugerah yang luar biasa dari Allah untuk para murid-Nya.

Pada bagian ini menegaskan kembali bahwa ada jaminan dalam mengikut Yesus, seperti ungkapan-ungkapan bahagia yang sudah disampaikan.

Bapak/i saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan, percayalah bahwa Tuhan sudah memberikan  kebahagiaan itu kepada para murid-Nya "12 Murid", bukan hanya pada saat itu, tetapi pada saat ini dan seterusnya. Untuk itu, mari kita menyadari bahwa Tuhan datang ke dunia untuk menebus dosa umat manusia, sehingga kita dapat menerima kebahagiaan dari Tuhan. (RA)

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati🙏

Posting Komentar untuk "Murid Yang Berbahagia - Matius 5:1-12"