Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Bukanlah Sebuah Masalah - Matius 1:1-17



Shalom !

Matius 1:1-17

"Silsilah Bukanlah Sebuah Masalah"


Pada suatu hari ada seseorang yang bertanya kepada temannya "Jika anda bisa memilih orang tua, anda ingin mempunyai orang tua seperti siapa?"


(sambil berpikir)  .. Hemmm... Lalu ia pun menjawab "aku ingin punya orang tua Presiden, atau orang terkaya Di Indonesia"

(Sambil tertawa hahahaha) . 


Dari ilustrasi ini, 

jika pertanyaan itu diberikan kepada kita, mungkin kita akan menjawab "saya ingin lahir dari keluarga yang sukses, atau saya mau keturunan (nenek moyang) yang terkenal, kaya, konglomerat dan lain sebagainya."


Tetapi berbeda dengan Yesus, Pribadi Allah yang menjadi manusia. Kalau kita selidiki di Matius 1:1-17 ternyata tidak semua garis keturunan diatas-Nya itu dipandang baik. Khususnya ada 4 perempuan yang menjadi sorotan saya, seperti: Tamar, Rahab Rut dan Uria. 

1. Tamar adalah seorang wanita yang berzinah dengan mertuanya sendiri, lalu melahirkan keturunan Peres dan Zerah. (Kej. 38:24) 

2. Rahab adah seorang perempuan sundal di Yerikho. (Yos. 2:1) 

3. Rut adalah seorang perempuan asing dari bangsa Moab. (Rut 2:10) 

4. Batsyeba istri Uria berzinah dengan Daud. (2Sam. 11:4)


Dari 4 perempuan tersebut (nenek moyang Yesus), ternyata perempuan tersebut  tidak dipandang baik oleh sekitarnya dan memiliki masalah yang fatal di tengah-tengah masyarakat. Tetapi misi Allah yang mulia untuk menyelamatkan manusia tidak dipengaruhi dari mana Kristus berasal atau dari mana Yesus dilahirkan. Hal ini membuktikan bahwa "Silsilah bukanlah Sebuah Masalah" 


Mungkin kita dilahirkan dari keluarga yang bermasalah, keturunan yang hancur (berantakan) atau dilahirkan dari keluarga yang dipandang tidak baik, tetapi firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa silsilah bukanlah sebuh masalah bagi kita. 


Jadi jangan pernah lagi berpikir bahwa "saya lahir dari keluarga yang salah makanya hidup saya penuh dengan masalah." Tetapi berpikirlah "memang keluarga saya bermasalah tetapi itu bukanlah sesuatu hal yang salah." (RA) 


Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati!

Baca Juga: Ayat-Ayat Dimana Yesus Menyebut Dirinya "Aku adalah"

Posting Komentar untuk "Silsilah Bukanlah Sebuah Masalah - Matius 1:1-17"