Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teguranmu Berharga - Matius 7:6


 

Shalom  !
Renungan Pagi Ini :
Matius 7:6
Teguranmu Berharga

Matius 7:6 (TB)  "Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

Ayat ini tidak pisah dipisahkan dari 5 ayat sebelumnya, sebab terkait dengan judul renungan sebelumnya yakni "Menegur Dengan Kasih"

Ternyata tidak semua orang pantas untuk ditegur. Bukan berarti kita tidak boleh memberitakan Injil kepada orang jahat, cemar dan lain sebagainya. Sebab Yesus sendiri memberitakan Injil kepada para pemungut cukai dan orang berdosa lainnya.

Menegur dengan kasih di analogikan seperti "Mutiara" yang sangat berharga. Tuhan Yesus memberitahukan kepada para murid bahwa ada orang yang memang tidak bisa ditegur lagi. Siapa? Orang yang keras kepala, bebal, dan tidak terima teguran.
Murid-murid janganlah berlama-lama di antara orang-orang semacam itu, sebab ini hanya akan membuang tenaga dengan sia-sia, melainkan berpaling saja kepada orang lain.
Kisah Para Rasul 13:41 (TB)  Ingatlah, hai kamu penghina-penghina, tercenganglah dan lenyaplah, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu, suatu pekerjaan, yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan kepadamu."

Nasihat dan teguran yang baik adalah barang berharga, sebuah mutiara. Amsal 25:12 (TB)  Teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk telinga yang mendengar.

Ayat ini sangat keras jika disadari oleh orang-orang yang menolak teguran, mereka dipandang seperti anjing dan babi. Sebegitu jahatnya mereka sehingga tidak mungkin untuk disembukan dan diperbaiki lagi.

2 Petrus 2:22 (TB)  Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."  

Namun yang harus kita pahami, jangan sampai kita cepat menilai mereka seperti binatang yang keji itu, sebelum memutuskan untuk tidak menegur lagi, kita harus benar-benar pastikan bahwa dirinya sudah tidak bisa ditegur oleh kita.

Oleh sebab itu, gunakanlah teguran yang berharga yang kita miliki untuk menegur orang lain, jika mereka sudah tidak mau ditegur, jangan membuang waktu untuk mereka, sebab masih banyak orang yang menantikan teguran berharga yang kita miliki.

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus Memberkati 🙏

Posting Komentar untuk "Teguranmu Berharga - Matius 7:6"