Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbalik Arah (part III) - Kejadian 6:1-5


 

 Berbalik Arah (part III)
Kejadian 6:1-5

Kembali kepada perenungan kita mengenai berbalik arah bagian yang ke-tiga ini. Kita melanjutkan perenungan kita dengan melihat kisah yang terjadi pada pra-Air Bah, untuk melihat betapa rusaknya keadaan dunia setelah manusia itu jatuh ke dalam dosa.

Kejahatan yang pertama yang dapat kita renungan dari perikop ini, ialah kehidupan manusia yang semakin serakah (Kej.6:2). Dikatakan bahwa “… lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka” (ayat 2). Hal ini menunjukkan bahwa keinginan terdalam dari diri manusia itu ialah untuk keperluan dan kepentingan pribadi. Layaknya membeli barang yang disukai, para lelaki ini merebutkan wanita yang menurut pandangan matanya menarik. Sehingga pada ayat selanjutnya, Allah membatasi usia manusia, karena keinginan dari manusia yang hidup dalam daging semakin jauh dari keinginan Tuhan. (Ayat 3)

Kejahatan yang kedua, ialah kejahatan yang keluar dari hati manusia. Tuhan melihat keadaan manusia yang sudah rusak dengan keinginan-keinginannya yang hanya melahirkan kejahatan saja. Meski tidak dijelaskan secara detail apa kejahatan manusia itu. Namun yang pasti kejahang yang mengakibatkan hati Tuhan  menjadi sakit/pilu (ayat 5-6)

Dari kedua kejahatan yang dilakukan manusia diatas. Menunjukkan bahwa perlunya sikap manusia untuk kembali kepada jalan yang benar, jalur yang benar, dan degala yang benar sesuai tujuan Allah menciptakan manusia pada awalnya. Jadi, saudara sekalian, mari kita membangunkn diri kita dari realita dunia yang hampir mencapai kehabisannya.  

Berbalik arah (part III) *EK

Posting Komentar untuk "Berbalik Arah (part III) - Kejadian 6:1-5"