Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbalik Arah Part V - Kejadian 6:11-13

 


 Shalom!
Renungan Literasi Kasih hari ini
Kejadian 6:11-13

Berbalik Arah Part V

Setelah kita melihat keadaan manusia pada zaman Adam hingga keturunan anak cucunya, maka kita tiba pada perenungan berbalik arah bagian yang kelima ini di ayat Kejadian 6:11-13 

“11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan.
12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi. 13 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi.” 


    Kata kunci yang berulang dari ayat ini ialah “kekerasan”. Kita semua mengetahui bahwa setiap dosa adalah suatu pelanggaran atas kekudusan Allah, sehingga Allah mau tidak mau menunjukkan keadilanNya dengan hukuman. Dosa menunjukkan kekuatannya atas manusia dalam bentuk perselisihan, kebencian atau iri hati, penganiayaan, dll.
    Dari hal diatas, ada pertanyaan yang saya ajukan kepada kita semua. Bagaimana mengatasi dunia yang penuh dengan “kekerasan” ini? Saya rasa jawaban kita adalah dengan cara memusnahkan semuanya. Coba bayangkan saja, kita adalah makhluk luar angkasa yang tidak berasal dari dunia ini. Karena teknologi yang canggih, kita bisa melihat keadaan dunia dari sinyal-sinyal radio, televisi, handphone, dsb. Sudah pasti setelah mengetahui keadaan dunia ini, kita akan memberikan laporan kepada kapten kita untuk segera mungkin menyerang dunia yang begitu bengis, bahkan makhluk paling keji di jagad raya.

    Tidak sulit untuk manusia ini melakukan dosa, lihat saja anak-anak kecil yang bermain, saya rasa tidak ada orang tua yang mengajarkan anaknya untuk melakukan kekerasan terhadap temannya yang lain. Mungkin beberapa waktu saat anak-anak bermain di taman kanakkanak, tidak ada masalah. Tapi lihatlah, beberapa menit kemudian, akan ada anak yang mendorong temannya, memukul, dll.  Kemudian lihat kelompok anak remaja yang sudah ugal-ugalan di jalan raya, mereka membuat genk motor, bahkan tidak lama ini ada berita yang menyiarkan bahwa anak remaja bersama genk motornya melukai orang lain dengan senjata tajam. Lalu banyak juga orang tua yang menyiksa anak-anak, bahkan suami menyiksa istri, dan sebaliknya. Pemerintah yang otoriter menyebarkan hoaks untuk kepentingan politik. Bangsa satu mengancam bangsa yang lain dengan senjata kimia dan nuklir.
    Semua kekerasan ini menunjukkan bahwa dunia kita saat ini, tidak berbeda dengan keadaan dunia pada zaman Nuh. Jika dulu Allah menghakimi dunia yang penuh kekerasan ini dengan air. Alkitab mengajarkan bahwa hari penghakiman yang akan segera hadir, dilaksanakan dengan api (2 Ptr. 3:5-7)

    Sebelum masa penghakiman itu tiba, kita harus menyadari situasi kita yang penuh dengan kejahatan ini. Sebab kejahatan sudah semakin nyata dan tidak terbendung lagi. Maka, jangan sampai kejahatan itu bertindak sesuka hati, kita harus menjadi kader Allah untuk menyampaikan pertobatan (Berbalik Arah).

Tuhan Yesus Memberkati.
 *EK
Berbalik Arah (Part V)

Posting Komentar untuk "Berbalik Arah Part V - Kejadian 6:11-13"