Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbuat Baik Di Hari Yang Baik - Matius 12:9-14

 


 Shalom :
Renungan Pagi Ini!
Matius 12:9-14
Berbuat Baik Di Hari Yang Baik

Bagi orang Yahudi, mereka menganggap hari sabat adalah hari yang dikhususkan untuk beribadah kepada Tuhan dan memfokuskan dirinya kepada Tuhan. Mengingat hukum keempat dari kesepuluh hukum Taurat "kuduskanlah Hari sabat"

Perikop sebelumnya mereka menyalahkan murid-murid-Nya yang memetik gandum pada hari sabat. Pada perikop ini mereka mencoba menjebak Tuhan Yesus melalui pertanyaan yang diberikan.

Matius 12:10 (TB)  Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.

Mereka menganggap bahwa hari sabat tidak boleh untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang demikian. Karena itu bertentangan dengan hukum atau aturan orang Yahudi (menurut orang Farisi)

Tuhan Yesus tidak menjawab dengan pertanyaan mereka tetapi dengan perbuatan yang mereka lakukan.

Matius 12:11-12 (TB)  Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?
Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."

Ini merupakan teguran bagi mereka yang hanya berpikir tentang dirinya sendiri tanpa mau memikirkan orang lain. Bagaimana mereka pun melakukan hal yang sama jika itu terjadi bagi peliharaan "domba" mereka. Tentu pertanyaan ini didasari karena Tuhan tau dan memahami dengan jelas sikap mereka pada saat menjalankan hari sabat.

Hari sabat itu harus dimaknai dengan jelas, hari sabat itu hari yang baik, apa mungkin kita melakukan hal yang tidak baik?
Apakah menolong orang bukan perbuatan baik? Tentu baik, untuk itu jika hal itu baik, lakukanlah!

Jadi menolong orang lain bukan berdasarkan hari tetapi karena anda mengasihi. RA

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati. 😇

Posting Komentar untuk "Berbuat Baik Di Hari Yang Baik - Matius 12:9-14"