Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersyukur atas Kebaikan Tuhan - Ulangan 8:1-10


 

 Shalom!
Renungan Pagi Ini : 

BERSYUKUR ATAS KEBAIKAN TUHAN 

(Ulangan 8:1-10).


    Masih ada orang  percaya yang sulit mensyukuri segala yang terjadi dalam kehidupannya, apalagi saat dalam masalah yang mencekam. Hal ini terjadi karena fokus orang tersebut ada pada masalah yang sedang di alami, sehingga yang keluar dari hatinya adalah persungutan, kutuk (segala sesuatu yang tidak baik). Namun saat seseorang meletakkan fokusnya pada Tuhan, maka ia pasti bisa bersyukur sebab ia memahami bahwa segala sesuatu terjadi dengan suatu tujuan.


Saat ini kita akan merenungkan Firman Tuhan dalam Ulangan 8:1-10. Dalam Kitab Perjanjian Lama kisah yang paling banyak dibahas adalah mengenai kehidupan bangsa Israel. Kitab Ulangan ini merupakan, kitab yang berisi pengulangan akan perintah Allah kepada bangsa Israel pada generasi berikutnya. Dalam pasal yang ke 8 ini, Allah memberi perintah kepada bangsa Israel melalui Musa, dimana mereka harus senantiasa bersyukur kepada Tuhan. Sebab dalam perjalanan bangsa Israel menuju tanah perjanjian, mereka selalu bersungut-sungut kepada Tuhan bahkan meninggalkan Tuhan dengan melakukan penyembahan berhala. Tentu saja ketika bangsa Israel tidak taat kepada Tuhan, mereka mendapat hukuman dari Tuhan. Tetapi saat mereka diberikan hukuman, mereka juga masih tetap menyalahkan Tuhan dan sering sekali mereka mendukan hati-Nya.


Allah ingin supaya bangsa Israel senantiasa hidup seturut kehendak-Nya, dengan melakukan setiap Firman-Nya. Salah satu perintah yang diberikan oleh Tuhan adalah bersyukur kepada Tuhan. Bagaimana caranya supaya bangsa Israel dapat besyukur kepada Tuhan:


-    Bersyukur karena pernyertaan & pemeliharaan Tuhan. Allah selalu ada dalam perjalan bangsa Israel, sebab Ia mengasihi mereka. Sehingga saat bangsa itu melakukan perjalanan ke tanah Kanaan, Allah ikut serta dalam perjalanan itu. Ia hadir dalam tiang awan di siang hari dan tiang api di malam hari. Karena penyertaan Tuhan nyata bagi mereka, maka hidup merekapun terpelihara; apa yang menjadi keperluan mereka, Tuhan cukupkan semua.


-    Mengingat segala kebaikan Tuhan. Untuk dapat senantiasa bersyukur, bangsa Israel harus mengingat apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup mereka, sehingga rasa syukur selalu ada dalam hidup mereka.


-    Berpegang teguh pada perintah Tuhan; hidup menurut jalan Tuhan. Bangsa Israel harus senantiasa melibatkan Tuhan dalam segala aspek hidup mereka, supaya mereka dapat berpegang pada perintah yang Tuhan tetapkan bagi mereka. 


Demikian juga kita, sebagai orang percaya kita harus senantiasa mengingat segala sesuatu yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita. Bahawa apa yang Tuhan izinkan terjadi dalam kehidupan kita pastilah yang terbaik bagi kita, dan kita juga menyadari bahwa Tuhan selalu ada dalam setiap musim hidup kita. Tidak alasan bagi kita untuk tidak bersyukur sebab Tuhan sungguh sangat baik dalam kehidupan kita dan banyak hal yang Tuhan sudah kerjakan dalam hidup kita.

AmIn
Tuhan Yesus memberkati kita semua 😇😇😇 “PiS ”

Posting Komentar untuk "Bersyukur atas Kebaikan Tuhan - Ulangan 8:1-10"