Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmat Dari Tuhan - Keluaran 1:15-22


 

 Syalom!
Renungan hari ini

Hikmat Dari Tuhan


Keluaran 1:15-22

Raja Mesir juga memerintahkan kepada bidan-bidan yang menolong perempuan Ibrani, seorang bernama Sifra dan yang lain bernama Pua, katanya:

"Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup."

Tetapi bidan-bidan itu takut akan Allah dan tidak melakukan seperti yang dikatakan raja Mesir kepada mereka, dan membiarkan bayi-bayi itu hidup.

Lalu raja Mesir memanggil bidan-bidan itu dan bertanya kepada mereka: "Mengapakah kamu berbuat demikian membiarkan hidup bayi-bayi itu?"

Jawab bidan-bidan itu kepada Firaun: "Sebab perempuan Ibrani tidak sama dengan perempuan Mesir; melainkan mereka kuat: sebelum bidan datang, mereka telah bersalin."

Maka Allah berbuat baik kepada bidan-bidan itu; bertambah banyaklah bangsa itu dan sangat berlipat ganda.

Dan karena bidan-bidan itu takut akan Allah, maka Ia membuat mereka berumah tangga.

Lalu Firaun memberi perintah kepada seluruh rakyatnya: "Lemparkanlah segala anak laki-laki yang lahir bagi orang Ibrani ke dalam sungai Nil; tetapi segala anak perempuan biarkanlah hidup."


Tentunya kita sudah mengetahui kisah penindasan Israel di Mesir. Bagaimana ketika waktu itu muncullah raja Mesir yang tidak mengenal Yusuf. Firaun takut bahwa Israel akan bergabung dengan musuh ketika ada peperangan, karena jumlah Israel sangat banyak. Firaun menyiasati hal tersebut dengan menindas Israel dan membunuh semua anak laki-laki yang lahir dari Israel.


Pada orang Israel, Tuhan memakai Sifra dan Pua yang takut akan Tuhan untuk membantu persalinan Israel. Sehingga Musa dapat lahir dan luput dari pembinasaan anak laki-laki Israel di Mesir. Tuhan memberikan hikmat kepada Sifra dan Pua dan mengatakan bahwa wanita Ibrani lebih kuat dari wanita Mesir, sehingga ketika mereka pergi membantu persalinan wanita Israel, bayi itu telah lahir. Dimana kita ketahui bahwa Firaun memerintahkan untuk membunuh bayi laki-laki Israel sesaat setelah mereka lahir.
Kedua bidan ini lebih takut akan Tuhan daripada takut akan Firaun, apalagi perintah Firaun adalah hal yang dibenci Tuhan, yakni membunuh. Dengan sikap kedua bidan ini, Tuhan memberkati mereka dan membuat mereka berumah tangga. 


Dalam hidup ini, kita memerlukan hikmat Tuhan dalam melakukan segala sesuatunya. Bahkan ketika mendapat perintah dari sesama, kita perlu mengetahui bahwa perintah tersebut bertentangan dengan firman Tuhan atau tidak, jika bertentangan kita perlu memohon hikman Tuhan untuk mencari solusi dari hal tersebut. Amin. (JkP)

Posting Komentar untuk "Hikmat Dari Tuhan - Keluaran 1:15-22"