Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karya Ilahi Kristus - Matius 8:28-34


 

Shalom  !
Renungan Pagi Ini :

Karya Ilahi Kristus

Matius 8:28-34

Dalam cerita ini, Injil Sinoptik menuliskan 3 cerita yang sama dengan gaya tulisan yang berbeda. Untuk itu kita akan mulai pembahasan ini dengan ayat-ayat yang kelihatannya kontradiksi.

Matius 8:28 (TB)  Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu.

Markus 5:1-2 (TB) Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa.
Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.

Lukas 8:26-27 (TB)  Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea.
Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.

1. Dimana nama tempatnya? Gadara vs Gerasa

 (Matius mencatat Gadara sedangakan  Markus dan Lukas Gerasa)
Apa perbedaannya?
Jawab:
Gerasa adalah sebuah kota,
Gadara adalah sebuah propinsi.
Maka, Gerasa terdapat di Propinsi Gadara. Jadi, keduanya benar

2. Berapa orang yang kerasukan setan? 

(Matius 2 orang sedangkan Lukas dan Markus 1 orang)
Tidak ada yang salah dengan ayat ini, hanya saja Lukas dan Markus mencatat orang yang penting saja, barangkali yang menjadi pusat perhatian orang yg kesurupan itu hanya ada satu, meskipun ada dua yang mengalami kerasukan setan.

Kalau kita lihat dari cerita kedua orang kesurupan tersebut. Maka kita melihat bahwa karya Ilahi Kristus telah dinyatakan kepada kedua orang yang kerasukan, sehingga keduanya sembuh.

Di ayat 28 tercatat bahwa mereka berbahaya, tetapi di dalam Yesus hal yang bahaya bisa disingkirkan melalui kuasa-Nya. Bahkan mereka dapat ditaklukkan oleh Kristus saat kehadiran-Nya.

Disini terlihat bahwa iblis tahu dan mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah.  Karena iblis telah dikalahkan (pasal 4). Dan ayat-ayat ini menyatakan bahwa karya ilahi Kristus dinyatakan sehingga orang yang kerasukan itu dapat dipulihkan keadaannya.

Untuk itu, jangan pernah meragukan kuasa Tuhan di dalam hidupmu, sebab DIA mampu untuk memulihkan segala keadaanmu.  (RA)

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Karya Ilahi Kristus - Matius 8:28-34"