Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Yang Benar Akan Tuhan - Ayub 42:1-6


 

 Shalom!
Renungan Pagi Ini :  

PENGENALAN YANG BENAR AKAN TUHAN 

(Ayub 42:1-6).
Ada pepatah mengatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang”, dari pepatah ini memberikan pengertian bahwa sangatlah perlu pengenalan akan sesama. Pengenalan kepada seseorang dapat meningkatkan komunikasi kedua belah pihak. Jika pengenalan kepada sesama sangat perlu terlebih lagi pengenalan akan Tuhan. Pengenalan kepada Tuhan dapat membuat hubungan antara manusia dengan Tuhan semakin intim. Saat ini kita akan merenungkan Firman Tuhan dari Kitab Ayub, seperti apakah Pengenalan yang benar akan Tuhan menurut Ayub 42:1-6

1.    Menyadari kedaulatan Tuhan

Ayub adalah salah satu tokoh Alkitab yang hidup benar dan saleh di hadapan Tuhan, selain itu ia juga seorang yang kaya di zamannya. Namun atas seizin Tuhan ia harus kehilangan segala sesuatu yang dia miliki, harta benda dan orang-orang yang dia kasihi. Disaat keadaan terpuruknya, ia sempat menyalahkan Tuhan atas apa ia hadapi. Namun, lewat hal itu Ayub juga dapat menyadari kedaulatan Tuhan atas hidupnya, ia menyadari kedaulatan Tuhan atas apa yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidupnya. Di ayat 2 dikatakan bahwa Ayub menyadari bahwa Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu dan tidak ada rencana Tuhan yang gagal. Ayub menyadari bahwa segala sesuatu yang izinkan terjadi dalam hidupnya, baik adanya. Dari hal ini, kita dapat belajar bahwa pengenalan yang benar akan Tuhan membuat kita dapat menyadari kedaulatan Tuhan dalam hidup kita.

2.    Mengenal Tuhan secara Pribadi

Banyak orang ketika diperhadapkan dengan masalah dan penderitaan memilih meninggalkan Tuhan, hal ini terjadi karena mereka merasa Tuhan jahat dan Tuhan meninggalkan mereka saat sedang mengalami suatu persoalan. Berbeda dengan Ayub, walaupun Ayub sempat menyalahkan Tuhan; tetapi ia tetap setia kepada Tuhan. Lewat penderitaan yang dialami oleh Ayub membawa dia kepada pengenalan yang benar kepada Tuhan. Dimana Ayub dulunya hanya mengenal Tuhan dari perkataan orang saja, tapi pada akhirnya ia mengalami pengenalan akan Tuhan secara pribadi. Ini merupakan pengenalan tertinggi kepada Allah, pengenalan yang harus dimiliki setiap orang percaya. Dimana kita semua harus mengenal Tuhan secara pribadi, sehingga iman kita semakin teguh kepada Tuhan.
    
Sebagai orang percaya, marilah kita memiliki pengenalan yang benar akan Tuhan sehingga membuat kita menyadari kedaulatan Tuhan atas kita; percaya pada setiap rencana rancangan Tuhan atas hidup kita; sebab tidak ada rencana Tuhan yang gagagal. Dan kita juga harus mengenal Tuhan secara pribadi, sehingga kita semakin intim dengan Tuhan dan kita senantiasa hidup seturut kehendak-Nya.
AmIn
Tuhan Yesus memberkati kita semua 😇😇😇 “PiS ”

Posting Komentar untuk "Pengenalan Yang Benar Akan Tuhan - Ayub 42:1-6"