Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuhan Yang Membela - Matius 12:1-8

 


 Shalom :
Renungan Pagi Ini :
Tuhan Yang Membela
Matius 12:1-8

Saudara yang dikasihi oleh Tuhan, pernahkah anda disalahkan oleh orang lain karena perbuatan anda yang sebenarnya belum tentu salah? Bagaimana jadinya jika ada seseorang yang datang untuk membela anda dan menyatakan bahwa anda tidak bersalah?!

Pada bagian ini, kita melihat bahwa murid-murid Tuhan Yesus terlihat disalahkan oleh orang Farisi, karena memetik gandum pada hari sabat. Bagi orang Yahudi hari sabat adalah hari untuk Tuhan setelah enam hari lamanya mereka bekerja, dan pada hari sabat itu mereka harus berfokus kepada Tuhan di tempat ibadah.

Barangkali murid-murid-Nya juga merasa bersalah karena mereka telah ditegur oleh orang yang melakukan hukum itu dengan ketat, sehingga lebih baik mereka mengalah saja dan mengaku salah.

Tetapi kita lihat pada perikop ini justru Tuhan Yesus tidak memarahi para murid-Nya, dan malah membela mereka. Dengan membahas kasus Daud pada waktu dia makan roti yang seharusnya untuk imam. Daud boleh memakan roti itu bukan karena dia terhormat tetapi justru karena Daud lapar dan perlu makanan. Memang tidak tertulis "pengecualian" dalam kisah Daud, tetapi ini sangat jelas tersirat, bahwa ada pengecualian dalam ketetapan ritual yang ada pada saat itu.

Ada 3 alasan mengapa Yesus membela para murid-Nya.

1. Disini ada yang melebihi Bait Allah.

Matius 12:6 (TB)  Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.

2. Yang Ku kehendaki adalah belas kasihan bukan persembahan.

Matius 12:7 (TB)  Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

3. Anak Manusia Adalah Tuhan Atas hari Sabat. Ayat 8


Untuk itu, pengecualian membenarkan peraturan. Jadi lakukanlah perbuatan-perbuatan yang diperlukan, yang memang benar-benar diperlukan dan tidak dibuat-buat, boleh dilakukan pada hari Sabat. Penjelasan terhadap hukum ini dengan jelas menunjukkan bahwa hal ini berlaku untuk selamanya. RA

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Tuhan Yang Membela - Matius 12:1-8"