Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepekaan Dalam Pelayanan - Matius 14:13-21


 

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Matius 14:13-21
Kepekaan Dalam Pelayanan

Cerita dalam perikop ini tentang memberi makan lima ribu laki-laki dengan lima roti dan dua ikan tercatat dalam keempat penulis Injil (Matius Markus Lukas Yohanes) ini artinya ada sesuatu hal yang khusus yang mau disampaikan para penulis.

Kalau kita melihat bahwa Yesus menyingkir ke daerah yang sunyi, itu karena Yesus mendengar kematian Yohanes Pembaptis. Apakah Yesus takut dengan Herodes? Tidak! Yesus menunjukkan bahwa dalam keadaan yang berbahaya, ada jalan keluar yang kita bisa lewati. Dia bisa saja mengamankan diri-Nya dengan kuasa ilahi tetapi karena Dia mau memberikan teladan, Dia pun menghindari yang terjadi.

Saudara, patut kita perhatikan teladan Yesus, bahwa Dia pun menghindari bahaya yang terjadi, bukan karena Takut, tetapi karena waktu-Nya belum tiba. Kita pun demikian, hindari daerah yang berbahaya, kecuali memang ada panggilan khusus yang Allah telah berikan bagi anda untuk pergi ke suatu tempat.

Kita melihat bahwa saat Yesus pergi ke suatu tempat pun, banyak yang mengikutinya. Bahkan ada ribuan orang yang berbondong-bondong untuk mendekat kepada-Nya.

Matius 14:14 (TB)  Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Ketika hari sudah mulai malam, murid-murid-Nya menyuruh mereka pergi untuk mencari makan ke desa-desa karena ditempat itu sudah sepi dan tidak ada yang menjual makanan.
Matius 14:15 (TB)  Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa."

Tetapi Ia pun menjawab : "tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi makan kepada mereka"

Tuhan Yesus melibatkan para murid untuk melayani orang banyak itu, dan ketika murid disuruh untuk memberi makan orang banyak itu, mereka pun menjawab bahwa hanya ada lima roti dan dua ikan saja.

Ketika Yesus menyuruh mereka membawakan lima roti dan dua ikan itu kepada-Nya. Lagi-lagi kita melihat karya yang luar biasa yang dilakukan oleh Yesus kepada banyak orang, hingga lima roti dan dua ikan itu bisa memberi makan lima ribu orang laki-laki (belum termasuk perempuan dan anak-anak) bahkan ada sis dua belas bakul.

Saudara, sungguh karya yang luar biasa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus kepada semua orang yang mengikuti-Nya. Yesus menunjukan kepekaan dalam pelayanan yang dilakukan-Nya. Dia sanggup untuk menyediakan dan mencukupkan segala yang dibutuhkan.

Jadi, kita ga perlu takut, sebab kepekaan Tuhan juga selalu ada untuk hidup kita.

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus Memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Kepekaan Dalam Pelayanan - Matius 14:13-21"