Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menegur Secara Terang-terangan - Matius 14:1-12


 

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Matius 14:1-12
Menegur Secara Terang-terangan

Saudara, ketika ada seorang anak yang berulang tahun, hadiah apa yang biasa dikasih ke anak tersebut? Biasanya berupa mainan anak-anak, yang sederhana ataupun yang mewah. Tetapi berbeda dengan anak perempuan dari Herodias, yang meminta kepala dari Yohanes Pembaptis.

Matius 14:8 (TB)  Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: "Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam."

Herodes sangat tidak senang dengan sikap Yohanes Pembaptis karena telah berani menegurnya.

Matius 14:4 (TB)  Karena Yohanes pernah menegornya, katanya: "Tidak halal engkau mengambil Herodias!"

Dosa Herodes yang secara khusus ditegur Yohanes adalah perkawinannya dengan istri Filipus, yang masih menjadi istri Filipus dan bukan sudah menjanda (karena kalau tidak, ini bukanlah suatu kejahatan). Filipus masih hidup waktu itu, dan Herodes merayu istrinya dan mengambilnya bagi dirinya sendiri. Tentu ini adalah perzinahan dimata Tuhan, dan Allah melarang perbuatan tersebut sehingga Yohanes Pembaptis berani untuk menegurnya Secara terang-terangan.

Tidak mudah untuk hidup benar di tengah keadaan yang menyulitkan. Tetapi Yohanes Pembaptis mebuktikkan bahwa kebenaran di atas segalanya. Hingga ia pun berani mengambil keputusan untuk menderita di dalam penjara bahkan sampai mati secara tragis.

Saudara yang dikasihi oleh Tuhan, ditengah dunia yang semakin jahat, apakah kita tetap memegang kebenaran? Mari, kita terus berpegang kepada kebenaran, meskipun orang-orang disekitar mengabaikan. RA

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Menegur Secara Terang-terangan - Matius 14:1-12"