Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Rohani Adalah Anugerah - Matius 17:1-13


 

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Matius 17:1-13
Pengalaman Rohani Adalah Anugerah

Saudara yang dikasihi oleh Tuhan, tidak semua orang mengalami pengalaman yang sama satu dengan yang lainnya. Tuhan mempunyai tujuan yang khusus bagi mereka yang mengalaminya. Ada yang mengalami sehingga ia percaya kepada Kristus, ada yang mengalami supaya mereka bisa berubah, ada yang mengalami supaya ia mendapatkan visi yang jelas dari Allah, bahkan ada juga yang mengalaminya sehingga mendapatkan kekuatan dalam pergumulan yang berat. Tetapi perlu diingat bahwa pengalaman bukanlah satu-satunya cara Allah menyatakan diri kepada manusia.

Petrus, Yakobus dan Yohanes mengalami pengalaman rohani bukan karena mereka lebih baik dari pada yang lain, tetapi karena anugerah Allah sehingga mereka diperkenankan oleh-Nya.

Matius 17:1 (TB)  Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
Matius 17:2 (TB)  Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.

Yang perlu kita ingat adalah bahwa Yesus Allah Sejati dan Manusia Sejati. Dalam perikop ini Tuhan Yesus memberikan penghiburan kepada mereka setelah mereka mendapatkan kabar bahwa Yesus akan mati.
 
Respon mereka akan hal ini ada 2, yakni bahagia dan juga takut. Ketika mereka takut,  mereka pun langsung sujud kepada Yesus.
Namun Yesus memberikan perintah supaya jangan takut.

Sungguh ini merupakan anugerah dari Allah bahwa rahasia ilahi yang dinyatakan-Nya kepada mereka supaya mereka bertahan di dalam kepercayaan mereka dan melakukan tugas seperti orang di zaman sebelumnya.

Dan ayat-ayat terakhir Tuhan Yesus menjelaskan siapa itu Elia yang dimaksud?
 Dan Tuhan pun menjawab dengan jelas.
Matius 17:13 (TB)  Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
Matius 11:14 (TB)  dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu.
Hal ini berkaitan tentang tugas dan fungsi yang harus mereka jalankan sebagai seorang murid dan sebagai seorang yang telah menerima anugerah Allah.

Oleh sebab itu, pengalaman rohani yang kita terima biarlah menjadi bekal untuk pelayanan yang Tuhan percayakan kepada kita.

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Rohani Adalah Anugerah - Matius 17:1-13"