Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidup Yang Bertanggungjawab - Matius 25:14-30

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Matius 25:14-30
Hidup Yang Bertanggungjawab

Dalam perikop ini kita akan melihat perumpamaan tentang talenta. Ada 3 hamba yang dipercayakan oleh tuannya, dan semua mendapatkan kepercayaan tersebut, ada yang diberikan 5, 2, dan 1. Semua diberikan talenta oleh tuannya tanpa terkecuali. Dan ketika tuannya pulang, tuan tersebut mengadakan perhitungan kepada hamba-hambanya. Hamba yang diberikan 5 & 2 talenta bertanggungjawab atas pemberian dari tuannya itu, dan ini adalah respon dari tuannya:

Matius 25:21, 23 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Sedangkan hamba yang diberikan 1 talenta tidak bertanggungjawab atas pemberian dari tuannya sehingga tidak mengembangkan talenta tersebut. Lalu inilah respon dari tuannya:

Matius 25:26 (TB)  Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?

Saudara yang dikasihi oleh Tuhan Perumpamaan talenta ini menggambarkan bahwa hidup ini adalah karunia (ayat 15). Tiap orang mendapat jumlah talenta berbeda-beda. Tuan dalam perumpamaan ini memberikan kepada masing-masing hambanya kesempatan untuk mengembangkan talenta tersebut. Lalu mereka harus melaporkan apa yang mereka perbuat. Ternyata tidak semua yang menerima kesempatan berharga itu sungguh menghargainya. Bukan maksud perumpamaan ini bahwa yang mendapat lebih banyak talenta akan cenderung lebih bersungguh dalam hidupnya. Talenta di sini hanya perumpamaan untuk menegaskan bahwa orang harus menjalani hidup dengan penuh tanggung jawab dan kelak Tuhan akan menuntut pertanggungjawaban tiap orang.

Jadi setiap orang pasti memiliki talenta dalam hidupnya, minimal satu talenta. Talenta tersebut adalah tanggungjawab yang telah Tuhan berikan kepada kita, untuk itu harus kita kerjakan dengan sungguh-sungguh sebagai bentuk tanggungjawab kita kepada Tuhan.

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Hidup Yang Bertanggungjawab - Matius 25:14-30"