Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengasihi Tuhan & Sesama - Matius 22:34-40

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Matius 22:34-40
Mengasihi Tuhan & Sesama

Ada pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Saya kurang setuju dengan pepatah itu, karena yang saya tau di dalam kekristenan meskipun kita tidak kenal kita harus tetap saling sayang. Firman Tuhan mengatakan "kasihlah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" jadi kita mengasihi bukan karena kita kenal, tapi karena perintah Tuhan.

Pada perikop ini kita akan melihat jawaban Tuhan Yesus kepada mereka yang mau mencoba menjatuhkan-Nya.

Setelah beberapa orang Saduki bertanya tentang kebangkitan, dan jawaban yang diberikan oleh Tuhan Yesus membuat mereka bungkam. Mereka pun gabung dengan orang-orang Farisi untuk menjatuhkan Yesus.
Matius 22:34 (TB)  Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka.

Ternyata hikmat Tuhan tidak bisa dikalahkan oleh pemikiran manusia, mau sehebat apapun mereka dan sekompak apapun mereka untuk menjatuhkan Yesus, hikmat-Nya tidak bisa dikalahkan oleh siapapun. Disini mereka bertanya mengenai hukum yang utama di dalam ajaran Yesus.

Matius 22:36-40 (TB)  "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Tuhan Yesus menjawab 2 hal ini:
Hukum pertama yaitu kasihilah Tuhan Allah dan hukum yang kedua yang sama dengan itu kasihilah sesamamu manusia. Kedua hukum ini tidak bisa dilepaskan dari hukum Taurat yang diajarkan oleh orang Yahudi. Dan Tuhan Yesus menjawab dengan sangat tepat kepada mereka yang memegang ajara. Yahudi.

Perhatikan: Dari sini kita diingatkan bahwa ketika kita memeluk agama, jangan lupa juga untuk memeluk sesama.

Artinya jangan hanya fokus kepada Tuhan sampai lupa memperhatikan sesama, dan sebaliknya dasar kita mengasihi sesama, yaa harus karena kita sudah mengasihi Tuhan.

Oleh sebab itu, ketika kita mengasihi Tuhan, jangan lupa untuk mengasihi sesama dan sebaliknya ketika kita mengasihi semasa, itu karena kita sudah mengasihi Tuhan. RA

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Mengasihi Tuhan & Sesama - Matius 22:34-40"