Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelang Yesus Di Salibkan - Matius 26:1-5

 Shalom !
Renungan Pagi Ini :
Matius 26:1-5
Menjelang Yesus Di Salibkan

Paskah adalah hari perayaan orang Yahudi, dimana mereka mengingat bahwa Allah membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Berbicara tentang paskah, identik dengan korban. Yesus mengetahui bahwa dirinya sebentar lagi akan menjadi Korban Penebusan untuk manusia.

Matius 26:1 (TB)  Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:
Matius 26:2 (TB)  "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

Pada 2 pasal sebelumnya, Tuhan Yesus mengajarkan melalui perumpamaan dan penjelasan tentang apa yang terjadi kelak bila Ia datang kembali dalam kemuliaan- Nya. Ia akan memutuskan dengan adil dan memberikan hidup kekal kepada yang setia. Agar hidup kekal dapat dikaruniakan kepada murid-murid-Nya, Ia harus menjalani penderitaan. Mulai pasal ini Matius memaparkan penderitaan-penderitaan yang dialami oleh Yesus dan berakhir dengan kemenangan-Nya.

Matius 26:3-4 (TB)  Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas,
dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia.
Matius 26:5 (TB)  Tetapi mereka berkata: "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat."

Pasal 26 diawali dengan oposisi yang harus dihadapi oleh Yesus dari para imam kepala dan tua-tua bangsa-Nya sendiri. Oposisi mereka ini akan menggiring Yesus untuk disalibkan. Gerakan ini didukung oleh Yudas Iskariot, salah seorang murid Yesus. Ia akan mencari strategi teraman untuk menyerahkan Yesus kepada musuh- Nya dengan imbalan 30 uang perak.

Perhatikan: Yesus tidak ada kesalahan pun dianggap salah oleh orang disekitarnya, apalagi kita manusia yang masih melakukan kesalahan.

Saudara yang dikasihi oleh Tuhan, Dia disalib untuk menebus setiap manusia dari dosa. Manusia yang seharusnya binasa karena dosa, dapat memperoleh kehidupan karena Dia telah memberikan hidup-Nya untuk manusia.

Tidak ada kemenangan tanpa jalan salib yang ditempuh. Saudara yang dikasihi Tuhan, dalam menghadapi kehidupan, kita harus menang. Memang ada pengorbanan yang harus kita berikan, tapi itu tidak sebanding dengan kemuliaan yang akan kita terima.

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati 😇

Posting Komentar untuk "Menjelang Yesus Di Salibkan - Matius 26:1-5"