Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaya Dalam Segala Hal - 1 Korintus 1: 4-9



1 Korintus 1:4-9 (TB)  Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus.
Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan,
sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu.
Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.
Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.
Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

Perikop ini dimulai dari Ucapan syukur rasul Paulus yang dipanjatkan kepada Allah. Sekaligus mengingatkan kembali kepada jemaat di Korintus bahwa Tuhan telah memberikan kasih karunia kepada mereka.
Meskipun rasul Paulus tahu bahwa terjadi banyak masalah dalam jemaat Korintus. Ia tetap mengawali surat ini dengan ucapan syukur. Mengapa? Karena tidak ada alasan untuk manusia tidak bersyukur, sekalipun dalam masalah.

Disisi lain, Paulus juga mengucap syukur jemaat Korintus telah menerima anugerah dari Allah, dalam Yesus Kristus. Anugerah adalah pemberian Allah kepada manusia yang seharusnya tidak pantas untuk menerimanya. Namun karena kasih Allah yang begitu besar sehingga manusia mendapatkan pemberian tersebut.

Bahkan kehidupan dalam Kristus membuat jemaat Korintus menjadi kaya. Kaya dalam konteks ini bukan berbicara tentang kelimpahan harta yang orang pahami pada umumnya. Tetapi kaya dalam perkataan dan pengetahuan. Bagi saya ini sudah paket lengkap, sebab pengetahuan tanpa disampaikan dengan baik itu sama halnya seperti surat yang bagus tetapi tidak dibaca. Dan sebaliknya perkataan yang tidak didasari pengetahuan itu sama seperti tong kosong nyaring bunyinya.

Saya dan anda yang hidup di dalam Kristus, pakailah cara pandang Rasul Paulus tentang kaya, bahwa kaya bukan hanya sekedar materi dan harta duniawi. Kaya juga bisa melalui perkataan dan pengetahuan yang kita miliki.

Perkataan dan pengetahuan seperti apa?
1. Kesaksian tentang Kristus yang telah datang.
2. Kesaksian tentang Kristus yang akan datang.
Kedua hal ini yang telah dan akan meneguhkan jemaat Korintus: bahwa Tuhan telah memberikan karunia kepada mereka dan membawa mereka pada persekutuan yang indah dengan Tuhan.
Untuk itu, Katakan apa yang engkau ketahui dan ketahui apa yang engkau katakan.
Pakailah perkataan dan pengetahuan kita untuk bersaksi tentang Kristus yang telah datang dan yang akan datang pada waktu kesudahannya tiba. RA

Posting Komentar untuk " Kaya Dalam Segala Hal - 1 Korintus 1: 4-9"